21.11.10

Samsung Galaxy Tab : Pas di Genggaman, Dukung Berbagai Aktivitas


SPESIFIKASINYA yang lengkap menjadikan Galaxy Tab sebagai perangkat serbabisa yang mendukung aktivitas kerja, hiburan dan komunikasi pengguna. Layarnya yang 7 inci juga membuatnya mudah dipegang, dioperasikan dan dibawa.

Sebagai sebuah komputer tablet, tubuh Galaxy Tab terbilang tipis dengan tebal hanya 12 milimeter. Desainnya pun tampak elegan. Samsung merancang Galaxy Tab dengan tubuh persegi panjang dan ujung-ujung yang membulat. Kombinasi antara warna putih pada bagian belakang dan hitam mengilap di depan perangkat memperkuat kesan elegan.

Bentuknya proposional dan bisa dipegang dengan satu tangan. Beratnya yang 380 gram membuat Galaxy Tab terasa ringan. Soal layar, Samsung mengaplikasikan teknologi thin film transistor (TFT). Soal kualitas, Galaxy Tab bisa menghasilkan gambar yang tajam dan jernih. Namun, tulisan dan gambar yang ada di balik layar tak dapat dilihat di bawah cahaya matahari.

Sama seperti tablet lain, Galaxy Tab mengusung teknologi layar sentuh. Meski tidak terlampau cepat, kemampuannya dalam merespon sentuhan tangan cukup responsif. Sebagaimana halnya ponsel berplatform Android, bagian depan Galaxy Tab dilengkapi pula empat tombol sentuh untuk mengakses menu home, options, back button dan search. Tombol on/off terletak di sisi kanan, dekat pengatur volume.

Sedangkan di sisi kiri terdapat selot kartu SIM dan micro SD. Prosesor yang dipasang berkecepatan 1GHz. Platformnya adalah Android versi 2,2 atau Froyo. Di dalam perangkat tersedia pula menu Android Market yang memudahkan pengguna mengunduh aplikasi.

Game dan baterai


Salah satu aplikasi yang diuji adalah game Need for Speed (NFS) Shift. Untuk masuk ke aplikasi itu seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama dan kadang tidak berhasil. Namun, kelemahan itu berhasil ditutupi dengan kemampuannya memainkan game balap mobil itu dengan kecepatan tinggi.

Permainan menjadi lebih seru karena pengguna bisa mengendalikan setir mobil dengan cara menggerakkan tabletnya ke kiri atau kanan. Rasanya seperti menyetir mobil di dunia nyata. Jika digunakan untuk memainkan NFS Shift secara terus menerus, baterainya hanya mampu bertahan selama enam jam.

Saat sedang membuka game, pengguna juga bisa membuka aplikasi lain pada saat bersamaan. Kemampuan multitasking pada perangkat itu terbilang bagus. Hasil pengujian menunjukkan pula kalau tubuh Galaxy Tab terasa panas dalam waktu kurang dari satu jam.

Dua kamera


Galaxy Tab memiliki dua kamera. Satu kamera beresolusi 3 Megapiksel, dilengkapi LED flash dan dapat digunakan untuk memotret serta merekam video. Sedangkan kamera lainnya memiliki resolusi yang lebih rendah, yaitu 1,3 Megapiksel, dan bisa dipakai untuk konferensi video. Dengan resolusi 3 Megapiksel, kamera kurang dapat menangkap detil pada objek.

Selain itu, hasil pemotretan di bawah sinar matahari dan pada kondisi gelap juga kurang tajam.Gadget ini juga dapat digunakan untuk menelepon. Jika ingin menelepon dengan nyaman,sebaiknya menggunakan speaker phone, headphone atau perangkat bluetooth. Sebab, ukurannya terlalu besar untuk sebuah ponsel.

Pengguna bisa memasukkan video yang mereka buat ke YouTube. Selain itu, mereka juga bisa mengakses YouTube. Syaratnya, pengguna harus online. Hasil pengujian menggunakan konektivitas wifi dengan memanfaatkan jaringan FastNet di daerah Setiabudi menunjukkan adanya gerakan gambar yang kurang mulus dan buram (blur).

Sebaliknya, demo yang dilakukan Samsung di Hotel Ritz Carlton menunjukkan pergerakan gambar yang halus dan nyaris tanpa jeda. Suara yang jernih dan tidak pecah juga menjadi keunggulan Galaxy Tab. Kesimpulannya, antarmuka Android pada Galaxy Tab mengesankan.

Untuk pemakaian di dalam ruangan, layarnya juga mampu menampilkan gambar dengan warna yang tajam. Menonton video dan mendengarkan musik mudah selama jaringannya mendukung. Layarnya yang 7 inci membuat tablet mudah dibawa dan dipegang. Namun, kamera beresolusi 3 Megapiksel yang terdapat di dalamnya tidak dapat menangkap detil pada objek.

No comments:

Post a Comment